Jawaban Tugas Mandiri Terstruktur
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi Pokok : Indonesia Zaman Praaksara
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami
corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil
budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
IKHTISAR
MASA PRAAKSARA INDONESIA
|
|||||||
BUMI
|
ZAMAN (KEBUDAYAAN)
|
POLA / CIRI KEHIDUPAN MASYARAKAT
|
HASIL - HASIL KEBUDAYAAN
|
MANUSIA PENDUKUNG
|
|||
P
L
E
I
S
T
O
S
E
N
|
Paleolithikum
|
Hidup berburu dan meramu
( FOOD GATHERING )
|
Keb.Pacitan :
·
Choppers
·
Flakes
|
Homo Erectus
|
|||
*Masih tergantung pada alam sekitar
* Alat - alat masih kasar / blm diasah
*Hidup secara berpindah – pindah
*Hidup berkelompok
|
|||||||
Keb. Ngandong :
|
Homo Soloensis
|
||||||
·
Alat
- alat dari tulang
|
Homo Wajakensis
|
||||||
H
O
L
O
S
E
N
|
Mesolithikum
|
Hidup bermukim dan berladang
|
·
Kapak
Sumatera (pebble)
·
Kapak
pendek
·
alat
dari tulang
·
Flakes
·
lukisan
pada dinding goa
|
Papua – Melanesoide
|
|||
*Sudah mengenal pegolahan tanah dng
sistem huma
*Hidup secara semi sedenter
*Peralatan lebih lengkap
|
|||||||
Neolithikum
|
M
e
g
a
l
i
t
h
i
k
u
m
|
Masa Bercocok Tanam
( FOOD PRODUCTING)
|
Kapak lonjong
Kapak persegi
Tembikar
Barang 2 Perhiasan
|
Austronesia
(Melayu Austronesia)
|
|||
Manik - manik
Arca - arca
Punden Berundak
Kubur Batu
Keranda
Dolmen
Menhir
|
|||||||
*Hidup menetap (sedenter)
*Mampu mengolah alam dengan melakukan sistem pertanian
*Alat - alat sudah dihaluskan
*Mengenal sistem kepercayaan
*Mengenal kesenian
|
|||||||
Logam
|
Kapak corong
Nekara
Candrasa
Bejana
Manik - manik
Barang 2 Perhiasan
|
Pengertian Sejarah Presiden RI I Ir. Soekarno berkata “ Jasmerah “ Jangan sekali – kali melupakan sejarah Juga ada istilah “history make man wise “ artinya sejarah membuat manusia menjadi bijak. Sejarah memiliki 3 dimensi waktu yaitu waktu lampau ( the past, waktu yang telah kita lalui ), waktu kini ( the present, waktu yang sekarang kita jalani ) dan waktu yang akan datang ( the future, waktu yang belum dan pasti akan kita datangi ). Ketiga dimensi waktu itu akan menentukan kehidupan manusia, manusia yang hidup pada masa kini ( sekarang ) tentu karena dia pernah hidup pada masa kemarin dan dari masa kini maka manusia akan menentukan bagaimana kehidupan masa yang akan datangnya. Tujuan pembelajaran sejarah di sekolah adalah a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya konsep waktu dan tempat/ruang dalam rangka memahami perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di Indonesia. b. Mengembangkan kemampuan berpikir his
Komentar
Posting Komentar